
Microsoft Excel banyak sekali manfaatnya, selain sebagai program lembar kerja (spread sheet), ternyata kita juga bisa menggunakannya juga untuk membuat tabel perkalian 1 s/d 10. Hasil dari perkalian tersebut tidak kita isi sendiri, tapi komputer yang menghitungnya dengan menggunakan rumus/formula yang kita berikan.
Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
- Buka program Microsoft Excel
- Atur ukuran lebar kolom = 5 dan tinggi baris = 22
- Untuk menghitung hasil perkalian menggunakan formula/rumus, contoh =$B$3*A4.
- Untuk rumus yang sama tidak perlu diketik ulang, gunakan copy handle supaya hasilnya lebih
cepat.
- Simpan dengan nama Latihan5……… .xls
Contoh hasilnya :
Keterangan :
- Data yang diketik harus sesuai dengan alamat sell seperti gambar di atas, jika tidak sama
maka gantilah rumusnya sesuai dengan alamat sellnya.
- Copy Handel (modus copy) digunakan untuk menyalin suatu rumus/formula suapaya lebih
cepat caranya : Klik pada rumus yang akan dicopy, tunggu sampai pointer berubah jadi +, lalu
tarik/drag sampai tujuan.
- Materi ini diberikan di kelas VI semester II
@@@ Good Luck @@@