Senin, Maret 30, 2009


Microsoft Excel banyak sekali manfaatnya, selain sebagai program lembar kerja (spread sheet), ternyata kita juga bisa menggunakannya juga untuk membuat tabel perkalian 1 s/d 10. Hasil dari perkalian tersebut tidak kita isi sendiri, tapi komputer yang menghitungnya dengan menggunakan rumus/formula yang kita berikan.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :


- Buka program Microsoft Excel


- Atur ukuran lebar kolom = 5 dan tinggi baris = 22


- Untuk menghitung hasil perkalian menggunakan formula/rumus, contoh =$B$3*A4.


- Untuk rumus yang sama tidak perlu diketik ulang, gunakan copy handle supaya hasilnya lebih

cepat.


- Simpan dengan nama Latihan5……… .xls

Contoh hasilnya :


Keterangan :
- Data yang diketik harus sesuai dengan alamat sell seperti gambar di atas, jika tidak sama


maka gantilah rumusnya sesuai dengan alamat sellnya.


- Copy Handel (modus copy) digunakan untuk menyalin suatu rumus/formula suapaya lebih


cepat caranya : Klik pada rumus yang akan dicopy, tunggu sampai pointer berubah jadi +, lalu


tarik/drag sampai tujuan.


- Materi ini diberikan di kelas VI semester II

@@@ Good Luck @@@


0 Comments:

Post a Comment