Selasa, September 08, 2009

Anak sekolah tentu mengetahui apa yang disebut dengan ilmu pasti. Matematika, Fisika, dan Kimia, adalah tiga diantaranya. Bagi sebagian siswa, dari generasi ke generasi, mungkin ketiga pelajaran tersebut bukanlah menjadi pelajaran favorit. Selain terkesan sulit, biasanya guru-guru pengajar ilmu pasti cenderung dianggap tidak menyenangkan.

Dalam era kemajuan teknologi yang terjadi sekarang ini, penggunaan komputer sangat diperlukan di berbagai bidang, salah satunya dalam bidang pendidikan, yang menjadi peran utama dalam pembentukan sumber daya manusia dan diberikan sejak dini pada anak-anak. Pendidikan anak dari usia dini sangat diperlukan, karena pada tahap tersebut sistem pengajaran akan mempengaruhi tingkah laku dan pola berpikir mereka. Rasa keingintahuan mereka akan timbul dikala menemukan hal-hal baru dan mereka memiliki kecenderungan untuk mencobanya. Salah satu pendidikan yang dapat diberikan sejak dini adalah penggunaan komputer yang telah diberikan mulai dari Sekolah Dasar.

Komputer merupakan media yang dapat menyuguhkan suatu tampilan yang menarik, interaktif, dan atraktif yaitu dengan penggabungan teks, gambar, animasi, video dan suara yang disatukan oleh komputer untuk disimpan, diproses dan disajikan kepada user yang biasa disebut sebagai multimedia. Dibandingkan informasi dalam bentuk teks (angka dan huruf) yang umum diperoleh dari buku saat ini, informasi dalam bentuk multimedia dapat diterima dengan kedua indera penglihatan dan pendengaran, lebih mendekati bentuk aslinya dalam dunia sebenarnya. Komputer tidak hanya digunakan sebagai mesin ketik ataupun alat hitung saja, tetapi juga dapat digunakan sebagai sarana pendidikan sekaligus hiburan bagi anak-anak.

    Komputer dan Matematika dapat saling berkait satu sama lain. Komputer dapat digunakan sebagai 'alat' untuk membuat matematika terlihat lebih mudah, dan menyenangkan. Bila dulu belajar Matematika hanya mengandalkan rumus-rumus yang terdapat dalam buku pelajaran, sekarang hal itu dapat lebih dideskripsikan melalui komputer. Contohnya, dengan penggunaan fasilitas komputer pada pelajaran Matematika, Ia bisa menggambarkan sebuah benda dengan ruang dimensi tiga, ataupun menggambarkan grafik, menjadi lebih mudah, dan cepat. Hal ini tentunya menambah tingkat kreativitas pada diri siswa dan mereka lebih mengerti akan penggunaan komputer itu sendiri.

Contohnya, pengemasan Matematika ke dalam unsur TI dapat menggunakan sistem yang sederhana. Misalnya dengan menggunakan Power Point. Dengan menggunakan Power Point, dapat memaksimalkan program tersebut untuk mengemas materi pelajaran Matematika sehingga menjadi lebih menarik untuk dilihat, dan mudah untuk diikuti oleh siswa. Sehingga siswa menjadi terpancing untuk belajar Matematika, dan siswa dapat merasakan nikmatnya belajar Matematika. 

source...www.sdpemudabangsa.com

0 Comments:

Post a Comment